Apakah Saat Hamil Pramugari Boleh Bertugas?

Saat Hamil Pramugari Boleh Bertugas loh rupanya. Benarkah? Meski banyak rumor yang beredar bahwa pramugari yang memutuskan untuk mengakhiri masa lajangnya/ menikah akan langsung diberhentikan dalam pekerjaannya namun adanya berita mengenai diperbolehkannya pramugari untuk tetap bertugas pada saat hamil tentunya mampu menampik rumor yang ada terkait dilarangnya pernikahan bagi seseorang yang berprofesi sebagai pramugari.

Apakah Saat Hamil Pramugari Boleh Bertugas?

Apakah Saat Hamil Pramugari Boleh Bertugas?

Sampai saat ini, profesi pramugari masih menjadi salah satu profesi yang menyimpan puluhan daya tarik sehingga mayoritas kaum hawa sangat tertarik untuk terjun dalam profesi satu ini. Benar saja karena puluhan keuntungan tentu akan menanti Anda jika Anda berhasil menjadi seorang pramugari di suatu maskapai penerbangan.

Persyaratan Menjadi Pramugari di Maskapai Penerbangan

Apakah Saat Hamil Pramugari Boleh Bertugas? Pramugari ialah salah satu profesi dalam dunia transportasi udara yang memiliki peranan yang cukup penting. Karena tugasnya berkaitan erat dengan kenyamanan serta keselamatan penumpang selama penerbangan.

 

Untuk itu dalam setiap penerimaan pramugari di maskapai penerbangan, tiap perusahaan akan sangat selektif dalam memilih calon karyawannya. Dengan ratusan bahkan ribuan pelamar yang mengajukan surat lamaran kerja sebagai pramugari di suatu maskapai penerbangan biasanya hanya akan ada belasan kandidat yang akan dipilih dan mengikuti training di maskapai tersebut.

 

Persyaratan untuk menjadi pramugari secara umum adalah sebagai berikut:

  • Wanita berusia maksimal 25 tahun
  • Memiliki tinggi badan minimal 160 cm dengan berat badan yang proporsional
  • Pendidikan minimal SMA/K sederajat
  • Mampu berbahasa inggris dengan baik
  • Berpenampilan menarik
  • Tidak memiliki keloid
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Tidak buta warna dan hepatitis
  • Belum pernah menikah
  • Bisa berenang

 

Kemudian setelah memenuhi beberapa persyaratan umum diatas, calon pramugari yang mengajukan lamaran kerja di suatu maskapai penerbangan masih harus melalui beberapa rangkaian tes untuk menyaring kandidat yang ada.

 

Rangkaian Tes Menjadi Pramugari Secara Umum

Apakah Saat Hamil Pramugari Boleh Bertugas? Terkait jumlah rangkaian tes yang digunakan maskapai penerbangan untuk menyeleksi calon pramugarinya, tiap maskapai pun sudah memiliki aturan sendiri-sendiri. Seperti Garuda Indonesia yang terdapat 7 tahapan, kemudian Lion Group yang terdapat 6 tahapan, dan lain-lain. Yang tentunya harus Anda siapkan segala sesuatunya dengan baik.

 

Inilah rangkaian tes menjadi pramugari di maskapai penerbangan secara umum:

  • Tes penampilan (ukur tinggi, berat badan, cek kondisi kulit, dll)
  • Tes psikotes dan Bahasa Inggris (dilakukan secara tertulis)
  • Tes wawancara (dibedakan dalam 2 tahap: wawancara user dan wawancara kompetensi untuk maskapai Garuda Indonesia)
  • Tes kesehatan (tes mata, tes pendengaran, tes pernapasan, tes paru-paru, dll)
  • Tes pantukhir (tes pantauan akhir yang akan diuji secara langsung oleh perwakilan direksi dari maskapai penerbangan)

 

Untuk tes di maskapai Garuda Indonesia terdapat juga tes ASKAM atau aspek keamanan karena kandidat yang dicari khusus wanita WNI, kemudian untuk maskapai Air Asia terdapat juga tes bakat, dll.

Apakah Saat Hamil Pramugari Boleh Bertugas?

Mengenai aturan Saat Hamil Pramugari Boleh Bertugas atau tidak rupanya tergantung dari kebijakan maskapai masing-masing. Karena untuk setiap maskapai penerbangan tentunya sudah memiliki aturan sendiri-sendiri untuk mengatur pramugarinya.

 

Jikapun maskapai memberikan kebijakan untuk memperbolehkan pramugarinya yang sedang hamil untuk tetap bertugas seperti biasa tentunya tetap ada aturan lanjutan mengenai batasan umur kehamilan yang diperbolehkan untuk tetap bertugas. Hal ini tentu demi kebaikan pramugari itu sendiri dan janin yang ada dalam kandungannya.

 

Umumnya setiap maskapai penerbangan tetap memberikan izin kepada pramugarinya yang sedang hamil untuk tetap bertugas dengan catatan usia kehamilannya tidak melebihi usia 32 minggu masa kehamilan. Dan tentunya harus dalam kondisi yang baik.

 

Namun tentu saja meskipun maskapai rata-rata tidak memberikan larangan, biasanya suami dari pramugari yang akan memberikan larangan. Maka akan sangat jarang terlihat dalam suatu penerbangan terdapat pramugari yang bertugas dalam kondisi hamil. Karena kebanyakan pramugari akan diminta berhenti bekerja oleh suaminya baik setelah menikah ataupun ketika sudah memasuki masa kehamilan.

 

Diperbolehkannya pramugari yang sedang hamil untuk tetap bertugas ini tidak semua maskapai penerbangan mengizinkan ya. Seperti yang saya sampaikan diawal artikel bahwa diizinkan/ tidak tergantung dari kebijakan dari masing-masing maskapai penerbangan.

 

Resiko Pramugari Yg Bertugas Ketika Hamil

Meskipun pramugari yang memasuki usia kehamilan dibawah 32 minggu masih tergolong aman untuk ikut dalam penerbangan, namun tetap saja akan meningkatkan resiko terjadinya hal-hal seperti di bawah ini:

 

  • Pembekuan darah dan varises:
    Untuk meminimalisasi hal itu terjadi, Anda bisa memakai stoking kompresi atau kaus kaki setinggi lutut yang diproduksi khusus untuk penerbangan.
  • Keguguran atau kelainan pada janin:
    Paparan radiasi atmosfer saat berada di ketinggian tertentu bisa meningkatkan risiko dua hal ini. Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan risiko tersebut jika hanya sesekali melakukan perjalanan dengan pesawat. Peringatan ini ditujukan untuk ibu hamil yang sering naik pesawat.
  • Oksigen dalam darah menurun:
    Kondisi tersebut bisa terjadi karena selama penerbangan tekanan udara menurun. Namun hal tersebut tidak akan berisiko kepada janin selama Anda memiliki tubuh yang sehat.

 

Adanya resiko yang bisa saja terjadi Saat Hamil Pramugari Boleh Bertugas tersebut yang kemudian membuat beberapa maskapai ada yang tidak memberikan izin untuk terbang. Bahkan tidak jarang pula pramugari yang sedang hamil memilih resign atas keinginannya pribadi karena dikhawatirkan akan kurang profesional ketika harus bekerja dalam kondisi hamil.

 

Cara Menjadi Pramugari

Bagi Anda yang juga memiliki cita-cita untuk menjadi seorang pramugari di maskapai penerbangan ada baiknya jika Anda memperdalam wawasan Anda dulu seputar kepramugarian dengan melanjutkan pendidikan di FAAST Sekolah Pramugari Terbaik. Karena jika Anda melamar ke maskapai dengan wawasan yang masih pas-pasan tentu akan sulit menghadapi persaingan yang ada.

Apakah Saat Hamil Pramugari Boleh Bertugas?

Apakah Saat Hamil Pramugari Boleh Bertugas?

Apalagi tugas dan tanggung jawab sebagai pramugari yang berkaitan erat dengan kenyamanan dan keselamatan penumpang selama penerbangan tentunya harus diimbangi dengan adanya skill dan wawasan yang kompleks terkait penerbangan dan kepramugarian.

 

FAAST Penerbangan adalah salah satu Sekolah Pramugari terrecommended yang terdapat di Indonesia. Kampus ini telah berdiri sejak 2019 di kota Yogyakarta.

 

Sekolah ini telah mengantarkan ratusan hingga ribuan alumninya sukses bekerja di dunia penerbangan dengan profesi yang berbeda-beda. Jadi jika Anda ingin lebih mudah untuk diterima di maskapai penerbangan tentunya melanjutkan pendidikan di sekolah ini akan menjadi langkah awal yang paling bagus.

 

Saat ini FAAST Penerbangan masih membuka pendaftaran dan penerimaan peserta didik baru dan bagi Anda yang tertarik untuk bergabung di sekolah ini silakan langsung konsultasi dengan panitia pendaftaran FAAST Penerbangan All Cabang secara gratis melalui kontak di bawah ini:

Kak Jeni

WA/LINE 0822 2500 7272

Formulir Pendaftaran KLIK DISINI

IG daftarpramugari

 

 

Demikian pembahasa saya kali ini terkait pertanyaan Apakah Saat Hamil Pramugari Boleh Bertugas? Semoga jawaban yang saya sampaikan diatas bisa memberikan kepuasan bagi Anda yang telah membacanya dan tentunya menambah wawasan Anda terkait kepramugarian. Jangan lupa bagikan artikel ini melalui tautan sharing. Terimakasih.

 

Baca juga:

1. Bolehkah Pramugari Menikah?

2. Kontrak Kerja Pramugari

PendidikanPramugari

PSPP (Pendidikan Staff Penerbangan dan Pramugari) membuka pendaftaran kelas baru! Daftarkan diri anda sekarang juga! For more information : Kak Diyan 0822-2500-7272 / 0859-3500-7272 / BBM 26D5777F

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!