Berat Ideal Mengikuti Pendaftaran Pramugari dan Cara Menghitungnya

Berapa kira-kira Berat Ideal Mengikuti Pendaftaran Pramugari itu? Bagi seorang pramugari postur tubuh memang harus betul-betul diperhatikan. Untuk itu meskipun harus menjalani jadwal penerbangan yang padat. Dan mungkin berkesempatan untuk menikmati wisata kuliner sembari menunggu jadwal penerbangan berikutnya. Namun pramugari tetap harus menjaga pola makannya agar berat badannya bisa tetap ideal.

 

Berat Ideal Mengikuti Pendaftaran Pramugari dan Cara Menghitungnya

Berat Ideal Mengikuti Pendaftaran Pramugari dan Cara Menghitungnya

Karena bagi pekerjaan yang berhubungan dengan pelayanan pelanggan seperti halnya pramugari, penampilan menjadi hal paling utama yang harus diperhatikan. Meski demikian bukan berarti memiliki penampilan yang bagus cukup mampu membuat seseorang bisa diterima menjadi seorang pramugari ya? Karena masih banyak beberapa persyaratan dan kriteria lain yang harus dipenuhi agar bisa menjadi seorang pramugari di maskapai penerbangan.

Kriteria Fisik Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Pramugari

Tes penampilan merupakan tes awal yang harus diikuti oleh seseorang yang tengah mengikuti proses perekrutan pramugari di maskapai penerbangan. Dalam tes tersebut tinggi dan berat badan calon pramugari akan menjadi fokus utama yang akan di cek. Jika calon pramugari memiliki tinggi badan yang kurang dari batas minimal yang dicari oleh perusahaan tentu saja ia akan langsung gugur dan tidak bisa mengikuti tahap tes berikutnya.

 

Begitupun jika seorang calon pramugari memiliki berat badan yang tidak proporsional baik itu overweight maupun terlalu kurus. Calon pramugari tersebut juga akan langsung gugur dalam tes tahap awal. Untuk itu, Anda harus betul-betul memperhatikan kriteria fisik yang dicari oleh perusahaan yang hendak Anda masuki.

 

Secara umum, kriteria fisik yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pramugari adalah sebagai berikut:

  • Wanita berusia maksimal 25 tahun (ada pula yang hingga 28 tahun)
  • Memiliki tinggi badan minimal 160 cm (ada pula yang mensyaratkan minimal 158 cm)
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Memiliki berat badan yang ideal
  • Tidak memiliki tato khususnya dibagian kulit yang tidak tertutup oleh seragam
  • Tidak bertindik kecuali di telinga (wajar)
  • Tidak berkaca mata (Garuda Indonesia memberikan toleransi hingga minus 3)
  • Tidak buta warna dan hepatitis
  • Tidak memiliki keloid

 

Jika dicermati pada kriteria fisik di atas pada poin 4 mungkin masih akan timbul pertanyaan berapa sekiranya Berat Ideal Mengikuti Pendaftaran Pramugari itu? Karena dalam poin tersebut tidak dicantumkan nominal pastinya seperti poin persyaratan tinggi badan. Rupanya, berat badan ideal tiap orang itu memang berbeda-beda. Patokan ideal dapat dihitung berdasarkan tinggi badan masing-masing orang. Untuk menghitungnya, Anda dapat mencoba cara yang akan admin sampaikan di bawah ini.

 

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Calon Pramugari

Sebetulnya terdapat beberapa cara untuk menghitung berat badan ideal. Namun yang digunakan oleh tim recruitment pramugari dalam menentukan apakah pelamar memiliki berat badan yang ideal atau tidak, kebanyakan adanya dengan menggunakan rumus BMI (Body Mass Index).

 

Bagaimana cara perhitungannya? Body Mass Index (BMI)  merupakan cara mudah untuk menghitung berat badan ideal dengan melihat berat badan dan tinggi badannya. Untuk penghitungannya, berat badan harus dalam satuan kilogram dan tinggi badan dalam satuan meter kuadrat.

 

Sebagai contoh, Anda bisa mencermati kasus di bawah ini!

Vita yang merupakan lulusan dari sebuah Sekolah Menengah Atas terfavorit di Jakarta hendak mengikuti recruitment pramugari di Garuda Indonesia. Namun, kelihatannya ia cukup ragu karena melihat berat badannya yang mungkin masih overweight. Saat ini Vita yang memiliki tinggi badan 160 cm berat badannya adalah 70 kg. Apakah ia betul-betul tergolong overweight? Atau masih dalam batas normal sehingga masih punya mempunyai kesempatan untuk lolos?

 

Cara menghitung menggunakan rumus BMI adalah sebagai berikut:

BMI= berat badan (kg) : (tinggi badan (m))²
= 70 kg : (1,6 m)²
= 70 : 2,56
= 23,4

Hasil perhitungan BMI untuk kasus Vita adalah 23,4 terkait masuk dalam kategori overweight, underweight atau pun normal Anda bisa melihat tabel BMI di bawah ini:

Berat Ideal Mengikuti Pendaftaran Pramugari dan Cara Menghitungnya

Berat Ideal Mengikuti Pendaftaran Pramugari dan Cara Menghitungnya

Dengan begitu dapat diambil sebuah kesimpulan bahwasanya Berat Badan Ideal Mengikuti Pendaftaran Pramugari itu tidak bisa sama antara 1 orang dengan orang lain karena tergantung dari tinggi badan masing-masing orang juga.

 

Cara Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

Bagi Anda yang sudah memiliki berat badan ideal, ada baiknya Anda tetap mengikuti beberapa tips berikut ini agar berat badan Anda bisa stabil dan tidak menjadi over atau underweight.

  • Jangan pernah takut untuk sarapan pagi, karena sarapan sangat penting
  • Awali dengan meminum segelas air putih pada saat bangun tidur (hangat lebih disarankan)
  • Perbanyak aktifitas fisik dan jangan lupa untuk rutin berolahraga
  • Konsumsi secara rutin dan seimbang makanan yang mengandung protein
  • Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat
  • Untuk hasil maksimal Anda bisa mengganti makanan jenis karbohidrat biasa Anda dengan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks
  • Hindari mengkonsumsi karbohidrat pada saat makan malam
  • Aturlah pola istirahat Anda dengan baik
  • Atur jadwal makan secara teratur (jangan suka menunda)
  • Senantiasa berpikir positif agar tidak timbul stress

 

Dengan mengikuti tips diatas, admin harap Anda bisa mencapai angka Berat Badan Ideal Mengikuti Pendaftaran Pramugari yang sesuai dengan standart BMI.

Informasi Sekolah Pramugari

Mengingat www.pendidikanpramugari.web.id ini merupakan website Sekolah Pramugari Terbaik, tidak lupa admin mengingatkan bagi Anda yang bercita-cita untuk menjadi seorang pramugari agar tidak sungkan untuk mengupgrade ilmu Anda tentang kepramugarian.

 

Karena tentu saja persaingan dalam mengikuti tes pramugari akan berlangsung semakin ketat. Dan maskapai penerbangan tentu juga akan terus meningkatkan standart penerimaan calon pramugari baru agar bisa mendapatkan kandidat yang profesional dan dapat memberikan kontribusi berharga bagi perusahaan penerbangannya.

Saat ini FAAST Penerbangan telah kembali membuka pendaftaran dan penerimaan peserta didik baru. Dan bagi Anda yang tertarik untuk bergabung dengan Sekolah Pramugari No 1 di Indonesia ini Anda bisa mendaftarakan diri secara online melalui website ini.

 

Atau Anda juga bisa terlebih dulu konsultasi dengan panitia pendaftaran FAAST Penerbangan All Cabang secara GRATIS melalui kontak di bawah ini:
Kakak JeinWA 0822 2500 7272
Formulir Pendaftaran KLIK DISINI
IG https://www.instagram.com/daftarpramugari/
Fanspage https://fb.me/PSPPSekolahPramugari1

 

Demikian informasi yang dapat admin tulis mengenai Berat Badan Ideal Mengikuti Pendaftaran Pramugari dan semoga dapat membantu Anda dalam mengetahui apakah berat Anda sudah normal atau masih perlu dinaikkan/diturunkan.
Baca juga:
Kriteria Masuk Sekolah Pramugari

 

 

 

 

 

PendidikanPramugari

PSPP (Pendidikan Staff Penerbangan dan Pramugari) membuka pendaftaran kelas baru! Daftarkan diri anda sekarang juga! For more information : Kak Diyan 0822-2500-7272 / 0859-3500-7272 / BBM 26D5777F

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!