Pro Kontra Kebijakan Maskapai Mengizinkan Pramugari Menerima Tip

Pramugari Menerima Tip di maskapai satu ini kini diizinkan. Kira-kira maskapai apa yang dimaksud pada artikel kali ini? Kabar ini datang dari sebuah maskapai penerbangan asal Amerika Serikat yang bernama Frontier Airlines. Maskapai tersebut beberapa waktu lalu dikabarkan membuat sebuah kebijakan baru yang berhubungan dengan uang tip dari penumpang. Kira-kira seperti apa kebijakannya?

Pro Kontra Kebijakan Maskapai Mengizinkan Pramugari Menerima Tip

Pro Kontra Kebijakan Maskapai Mengizinkan Pramugari Menerima Tip

Dalam sebuah penerbangan, pramugari harus bertanggung jawab atas keselamatan dan kenyamanan penumpang selama penerbangan. Tugas tersebut tentunya bukan suatu pekerjaan yang gampang. Karena bisa dibilang bahwa nyawa harus turut dipertaruhkan untuk melaksanakan tugas tersebut dengan baik.

Konsekuensi Pada Pekerjaan Pramugari Memang Cukup Berat

Meskipun banyak masyarakat yang masih menganggap remeh pekerjaan seorang pramugari, namun perlu Anda ketahui bahwa untuk mendapatkan pekerjaan yang notabene nya penuh resiko ini pun tidaklah gampang. Tiap perusahaan penerbangan yang membuka recruitment calon pramugari baru akan sangat selektif di dalam merekrut pramugari baru untuk perusahaan penerbangannya.

 

Maka dari itu maskapai penerbangan juga akan sangat menghargai para pramugari yang telah bekerja keras untuk perusahaan penerbangannya. Penilaian tersebut juga disampaikan oleh Juru Bicara Frontier Airlines, Jonathan Freed yang telah dimuat pada laman dunia.tempo.co. Yang berbunyi “Kami menghargai kerja keras pramugari kami dan kami tahu para penumpang juga begitu, sehingga pada table pembayaran terdapat opsi bagi penumpang apakah mereka akan memberikan tip atau tidak.” Dan sejauh ini banyak Pramugari Menerima Tip dari penumpang,” begitu imbuhnya.

 

Terkait konsekuensi ketika menjadi seorang pramugari tentunya para pembaca sendiri sudah bisa mendapatkan gambaran. Menjadi seorang pramugari tentunya harus membiasakan diri dengan pola tidur yang tidak teratur mengingat jadwal penerbangan yang harus dilayani juga terkadang tidak stabil. Kemudian selalu bberubahnya tujuan penerbangan yang harus dilayani tentunya juga membuat pramugari harus rela berada jauh dari keluarganya.

 

Hal yang paling membutuhkan pertimbangan adalah kesiapan mental calon pramugari bilamana dalam suatu penerbangan harus menghadapi masalah. Tentunya pramugari harus tetap profesional dengan mementingkan keselamatan para penumpang dibandingkan dirinya sendiri.

 

Kebijakan Frontier Airlines Terkait Diizinkannya Pramugari Menerima Tip

Frontier Airlines merupakan salah satu maskapai penerbangan asal Amerika Serikat yang saat ini terhitung telah mempekerjakan kurang lebihnya 2200 pramugari. Sejak awal tahun 2019 tepatnya tanggal 1 Januari 2019 maskapai satu ini mengeluarkan kebijakan baru dimana sudah tidak lagi memberikan uang bonus diluar gaji mereka. Namun, sebagai gantinya, maskapai telah mengizinkan Pramugari Menerima Tip yang diberikan oleh penumpang sebagai bentuk rasa terimakasih karena telah melayani penerbangan dengan baik.

 

Bukan dilangsungkan transaksi secara manual, namun cara pemberian uang tip dari penumpang kepada pramugari ini sudah disusun dengan cara yang hampir sama ketika penumpang melakukan transaksi pembelian taco, bir atau naik taksi. Dimana layar kasir akan memperlihatkan pilihan apakah mau memberikan tip atau tidak. Perbedaannya dengan pemberian tip yang dilakukan di pesawat ini maka setiap pramugari akan dibekali dengan tablet ketika melayani pembayaran dengan penumpang kemudian pramugari bisa memperlihatkan bagian layar pemberian tip kepada penumpang.

 

Namun dengan adanya kebijakan tersebut, rupanya masih ada beberapa karyawan Frontier Airlines yang mendesak untuk tetap memberikan uang bonus kepada mereka. Hal ini juga telah dikutip pada laman dunia.tempo.co. Dan kelihatannya masih menuai pro kontra terkait adanya kebijakan tersebut.

 

Uang Tip Memang Erat dengan Profesi Pelayanan Pelanggan

Tidak bisa dipungkiri bahwasanya bekerja di bidang pelayanan pelanggan pasti akan berkesempatan untuk mendapatkan uang tip dari penumpang yang merasa puas dengan pelayanan kita. Namun apakah hal tersebut syah dan tidak melanggar ketetapan umum?

 

Tentunya Anda bisa berpendapat masing-masing. Namun admin rasa selama kita tidak melakukan pemaksaan kepada pelanggan untuk memberikan tip dan pelanggan sendiri yang merasa ingin memberikan tip kepada Anda karena merasa sangat berterimakasih kepada Anda saya rasa syah-syah saja. Namun kembali lagi dengan kebijakan yang berlaku di masing-masing perusahaan tempat Anda bekerja. Karena sepertinya tidak semua perusahaan melegalkan hal tersebut. Termasuk izin Pramugari Menerima Tip mungkin juga belum berlaku untuk maskapai lainnya.

 

Cara Menjadi Pramugari

Terlepas dari pembahasan mengenai kebijakan diizinkannya Pramugari Menerima Tip, saat ini peluang untuk menjadi seorang pramugari terlihat semakin terbuka lebar. Terbukti dengan semakin banyaknya maskapai penerbangan yang seringkali membuka lowongan kerja untuk posisi ini.

 

Namun meski demikian, untuk bisa diterima menjadi seorang pramugari juga perlu perjuangan dan persiapan yang betul-betul matang. Karena berkecimpung dalam sebuah profesi yang banyak diidamkan oleh orang tentunya merupakan sebuah tantangan berat.

 

Meskipun persyaratan menjadi pramugari sebetulnya terlihat simple, namun tidak semua kandidat yang memenuhi persyaratan menjadi pramugari bisa tetap mendapatkan pekerjaan yang ia idamkan. Karena semua calon pramugari masih harus mengikuti Rangkaian Tes Pramugari dengan sistem gugur.

 

Untuk itu ada baiknya bila Anda memperkaya diri Anda dengan berbagai hal yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pramugari profesional. Seperti berlatih renang, belajar bahasa Inggris, belajar teknik pernapasan, belajar cara memadamkan kebakaran, belajar tentang penerbangan, dll.

 

Hal tersebut mungkin juga dapat Anda tempuh dengan bergabung bersama Sekolah Pramugari Terbaik FAAST Penerbangan. FAAST Penerbangan ialah sebuah lembaga pendidikan dan pelatihan kerja yang berorientasi pada dunia penerbangan.

 

Saat ini FAAST Penerbangan telah kembali membuka pendaftaran siswa baru, dan bagi Anda yang tertarik untuk bergabung silakan langsung menghubungi panitia pendaftaran dan penerimaan siswa baru FAAST Penerbangan All Cabang melalui kontak di bawah ini:

Kak Jeni WA 0822 2500 7272
Formulir Pendaftaran KLIK DISINI

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan terkait Pro dan kontra kebijakan diizinkannya Pramugari Menerima Tip dan semoga Anda bisa mendapatkan kesimpulan terbaik.

 
Baca juga:
Kriteria Masuk Sekolah Pramugari

 

 

PendidikanPramugari

PSPP (Pendidikan Staff Penerbangan dan Pramugari) membuka pendaftaran kelas baru! Daftarkan diri anda sekarang juga! For more information : Kak Diyan 0822-2500-7272 / 0859-3500-7272 / BBM 26D5777F

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!