Tugas AVSEC (Aviation Security) di Indonesia & Pengertian

tugas avsec aviation security di indonesia

tugas avsec aviation security di indonesia

Tugas Seorang Avsec (Aviation Security)

Dalam masalah tugas AVSEC mempunyai tanggung jawab yang berat gan, gak semudah yang anda bayangkan. Banyak aspek yang harus diperhatikan yang mengacu kepada regulasi internasional yang ketat.

 

Personil AVSEC harus memahami berbagai macam karakter dan sifat-sifat para pengguna jasa baik dalam masalah penanganan, masalah pengamanan ataupun pelayanan.

 

Belum lagi jika ada benda-benda / barang-barang yang bisa membahayakan keselamatan, kenyamanan, atau mengancam para calon penumpang yang ada di sekitar bandara ataupun para penumpang yang sudah naik pesawat, Tugas AVSEC harus bisa menangani nya dengan profesional dan tepat yang kembali mengacu kepada regulasi yang ketat ( Zero Tolerance Safety First ).

Dalam menjalankan tugasnya petugas Avsec juga memilik pedoman yang terdapat pada regulasi penerbangan, baik nasional maupun internasional. Keren ya Avsec ada regulasi dari ICAO (International Civil Aviation Organitation), merupakan sebuah organisasi penerbangan sipil internasional dibawah PBB.

ICAO mempunyai aturan-aturan penerbangan yang disebut Annex. Aturan Keamanan Penerbangan terdapat di Annex 17 Security – Safeguarding International Civil Aviation Against Acts of Unlawful Interference. Jadi setiap negara yang menjadi anggota ICAO harus mematuhi aturan yang dibuat oleh ICAO tersebut.

 

Selain hal-hal tersebut diatas, petugas Avsec juga membutuhkan peralatan dalam melaksanakan tugasnya.
Fasilitas Keamanan Penerbangan tersebut terdiri dari:
1. Peralatan pendeteksi bahan peledak;
2. Peralatan pendeteksi bahan organik dan non-organik;
3. Peralatan pendeteksi metal;
4. Peralatan pendeteksi bahan nuklir, biologi, kimia, dan radioaktif;
5. Peralatan pemantau lalu lintas orang, kargo, pos, kendaraan, dan pesawat udara di bandara;
6. Peralatan pusat penanggulangan keadaan darurat (emergency operation centre);
7. Kendaraan patroli keamanan penerbangan;
8. Peralatan pengendalian jalan masuk (acces control);
9. Peralatan pendeteksi penyusup pagar perimeter (perimeter instruction detection system);
10. Peralatan komunikasi personel keamanan.

Canggih banget peralatannya ya..
Tapi tidak semua bandara memiliki semua peralatan-peralatan di atas. Jumlah serta jenis peralatan security yang digunakan di setiap bandara, disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan bandara itu sendiri. Paling sedikit di setiap Tempat Pemeriksaan Keamanan pada suatu bandara harus memilki Mesin X-Ray, Gawang Detector Logam(Walk Through Metal Detector/WTMD) dan Detector Logam Genggam (Hand Held Metal Detector/HHMD).
Jadi peralatan keamanan di Bandara Soekarno-Hatta, jumlah dan jenisnya tidak sama dengan di Bandara Fatmawati Soekarno.
Ya bedalah..Soekarno-Hatta kan cowok, Fatmawati kan cewek.
Bukan itu..Bedanya kategori atau kelas dari tiap-tiap bandara. Hal-hal lain yang juga berpengaruh, seperti jumlah pergerakan pergerakan pesawat perhari, jumlah penumpang perhari, dll.
Udah keliatan kan bedanya Avsec ama Satpam?

Kesimpulannya Avsec itu harus memiliki Kompetensi (Skill, Attitude dan Knowledge), guna melaksanakan tanggung jawab pengamanan untuk mewujudkan keamanan dan keselamatan penerbangan.
Semoga Bermanfaat

 

 

 

 

 

Macam-Macam Diklat Avsec (Aviation Security)

Jenis-Jenis Diklat Avsec (Aviation Security) Tersebut terbagi menjadi 2 yaitu :

  1. Pendidikan & Pelatihan Dasar Bagi Personel Keamanan, meliputi:
    basic aviation security (basic avsec);
    b. junior aviation security (junior avsec);
    c. senior aviation security (senior avsec);
  2. Pendidikan dan pelatihan lanjutan bagi personel keamanan,antara lain:
    Diklat avsec management;
    b. Crisis management;
    c. Quality control;
    d. Instructor;
    e. Risk management;
    f. Inspector / auditor;
    g. Negotiation;
    h. Human factor;
    i. Investigator;
    j. Profilling.

SEKOLAH AVSEC TERBAIK INDONESIA

AVSEC (AVIATION SECURITY)

 

Sekolah Avsec (Aviation Security) Terbaik : Inforamsi Sekolah Avsec (Aviation Security) Berlicensi STKP Resmi di Indonesi, Info Biaya Sekolah Avsec (Aviation Security) di PSPP Sekolah Penerbangan.

 

Pengertian Avsec (Aviation Security)

Pernahkah anda bepergian atau berwisata keluar pulau dengan menggunakan pesawat terbang.? Jika sudah pernah tentu anda pernah di periksa oleh petugas di bandara dengan menggunakan X-Ray, Nah petugas tersebut lah dinamakan Avsec (Aviation Security) yang gagah atau biasa di kenal dengan polisi bandara.

 

Namun bagi sebagian orang awam beranggapan bahwah Aviation Security (Avsec) sama saja sperti petugas keamanan pada umunya seperti security bank, satpam mall, hansib dan sebagainya. Tapi kenyataannya Avsec Berbeda, Yuk kita telusuri..

 

AVSEC (Aviation Security) adalah Personil/Petugas Keamanan Penerbangan yang telah (wajib) memiliki lisensi yang diberi tugas dan tanggung jawab di bidang keamanan penerbangan. (Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor:SKEP/2765/XII/2010 Bab I butir 9)

 

Dalam lisensi tersebut dijelaskan kewenangan Personil Keamanan Penerbangan (Avsec) dan jika sudah memiliki lisensi maka sudah dinyatakan memiliki kompetensi untuk melaksanakan tugas pengamanan penerbangan oleh Direktur Jendral Perhubungan Udara.

Tapi nggak gampang lho buat dapetin lisensi Avsec itu guys.. anda harus mengikuti Pelatihan dan Pendidikan Khusus (Sekolah Avsec) Terlebih dahulu. Dan yang menyelenggarakan Dicklat Avsec harus mendapat persetujuan dari Direktur Jendral Perhubungan Udara.

 

Sudah Jelas Kan.? Tidak gampang untuk menjadi seorang Avsec tidak semua orang bisa tinggal pake seragam AVSEC, duduk di monitor X-Ray atau melakukan pemeriksaan badan penungpang secara manual (Body Search), Tetapi harus melewati tahap-tahap seleksi yang cukup ketat & harus mengikuti Sekolah Penerbangan khusus (Sekolah Avsec).

 

Sekolah Avsec (Aviation Security)

Sekolah Avsec (Aviation Security) sering kali di gabung-gabungkan dengan sebuah Pendidikan Avsec (Aviation Security) dimana merupakan Sekolah Keamanan Penerbangan (AVSEC) yang mendidik & melatih siswa-siswinya untuk menjadi calon Avec (Petugas Keamanan Penerbangan) yang profesional, siap bekerja dan bersaing di dunia penerbangan.

 

Namun untuk mejadi seorang Avsec tidaklah semudah membalikan telapak tangan, Seorang calon Avsec harus memenuhi persyaratan yang harus dipenuhi seperti : Mempunyai tinggi dan berat badan ideal, kepribadian baik & Pengetahuan di bidang keamanan penerbangan dll. Jadi Ngk Asal-Asalan guys..

 

 

 

Untuk itulah seorang Avsec (Polisi Bandara) harus mengenyam Pendidikan dan pengalaman di Sekolah Avsec / Pendidikan Aviation Security untuk bisa menjadi seorang Avsec Profesional yang bisa menjamin Keselamatan Keamanan bagi pengguna jasa penerbangan baik di bandara maupun penumpang yang sudah naik ke pesawat.

 

PSPP Penerbangan Sekolah Avsec

PSPP (Pendidikan Staff Penerbangan & Pramugari) atau biasya disebuat PSPP Penerbangan adalah Lembaga Pendidikan Staff Penerbangan & Pramugari, yang siap membantu mengantarkan Siswa-siswinya menjadi Karyawan Terampil di dunia Penerbangan baik domestik maupun international.

 

Berdiri sejak 1 Maret 2010, saat ini PSPP Penerbangan telah memiliki (tiga) kampus di 3 kota di indonesia yaitu : PSPP Lampung, PSPP Jakarta & PSPP Yogyakarta, dan berhasil menjadikan lulusan PSPP Penerbangan sebagai Sumber Daya Manusia yang siap bersaing di dunia penerbangan. Terbukti dengan Prestasi yang telah dicapai PSPP di setiap tahunnya.

 

Legalitas PSPP Penerbangan (Sekolah Avsec)

Sekolah Avsec (Aviation Security) : PSPP Penerbangan pada saat artikel ini di unggah telah berumur 5 tahun, dengan surat perizinan lengkap dari Direktorat Jenderal Perhubungan & telah menyandang gelar sebagai PSPP Penerbangan Terakreditasi A dari Dinas Lembaga Akreditasi Pelatihan Kerjadengan dengan No. Akreditasi Sebagai Berikut :

  • Akreditasi A : NO.398/LA-LPK/xII/2013
  • DepDikNas : 420.9/380.B/08/2010 Untuk Penyelengaraan Pendidikan
  • DepNaKerTrans : 60.202.07.03.2010 Untuk Menyelenggarakan Pelatihan.
  • Izin Direktorat Jenderal Perhubungan (DISHUB) : NO.I/LD.010/DKP/IX/2013
  • Dibawah Perlindungan Pangacara Konsultan Hukum WILIYUS PRAYIETNO, SH.,M.H.

Gambar diatas merupakan surat resmi dari Dinas Lembaga Akreditasi Pelatihan Kerja Dengan No. Akreditasi : 398/LA-LPK/xII/2013. Dengan hal ini juga, PSPP Penerbangan dapat membuktikan kepada masyarakat luas bahwa PSPP Penerbangan merupkan Lembaga Pendidikan yang terpercaya dengan perizinan yang lengkap dan unggul di indonesia.

 

Program Sekolah PSPP Penerbangan

PSPP Penerbangan Membuka 3 Program Pendidikan Khusus Diantaranya :

  1. Sekolah Staff Penerbangan (Ground Staff)
  2. Sekolah Pramugari (Flight Attendant)
  3. Sekolah Aviation Security (Sekolah Avsec)

 

Program Unggulan PSPP Penerbangan

Kelas Khusus & Akselerasi adalah dimana para siswa-siswi yang mengikuti/masuk dalam program ini akan “DI JAMIN MENDAPAT PEKERJAAN” di perusahaan penerbangan atau perusahaan yang relevan dengan dunia penerbangan, khususnya di Bandar udara.

Program ini hanya sebatas 1 kelas saja dengan lama waktu pendidikan lebih cepat dari kelas regular dengan kapasitas kelas maksimal berisi 30 siswa/siswi. (Syarat dan ketentuan berlaku).

 

VISI & MISI PSPP Penerbangan (Sekolah Avsec)

  • PSPP didirikan dengan VISI memberikan pendidikan dan pelatihan singkat dengan lulusan terbaik yang siap bekerja secara professional di dunia penerbangan dan pariwisata.
  • Sedangkan MISI dari PSPP adalah turut berperan dalam memajukan industri penerbangan dan pariwisata Indonesia dengan menyediakan SDM yang berkualitas dan siap bersaing.

 

Biaya Pendidikan Diklat Avsec (Aviation Security)

Biaya Pendidikan Sekolah Avsec di PSPP Penerbangan setiap tahunnya mengalami perubahan, dan Pada saat artikel ini di unggah (10/2015), biaya pendidikan Sekolah Pramugari sebesar Rp. 28.800.000 dan biaya Pendidikan Staff Penerbangan / Sekolah Avsec Sebesar Rp. 23.000.000. Dan untuk biaya Sekolah Penerbangan tahun depan di PSPP penerbangan akan mengalami kenaikan sebesar 15% dari pada sekolah penerbangan tahun ini.

 

 

Syarat Mendaftar Sekolah Avsec

Syarat Mendaftar Sekolah Avsec (Aviation Security) Bagi anda yang ingin mengikuti pendaftaran pendidikan khusus Sekolah Avsec pastikan anda memenuhi kriteria sebagai seorang Avsec (Aviation Security) :

  1. Minimal Lulusan SMA/Sederajat
  2. Tinggi Badan Minimal : Putri 160cm, Putra 165cm
  3. Sehat Jasmani Rohani
  4. Tidak Buta Warna
  5. Tidak Hepatitis
  6. Memiliki Bentuk Dan Berat Badan Porposion

 

Cara Mendaftar Sekolah Avsec (Aviation Security)

Cara mendaftar Sekolah Avsec PSPP Penerbangan : Bagi anda yang ingin mendaftarkan diri untuk mengikuti Pendidikan Avsec yang diselenggarakan oleh PSPP Penerbangan, anda bisa melakukan pendaftaran secara langsung, dan bagi anda yang berdomisili jauh dari Alamat Tempat di selenggarakannya Sekolah Avsec PSPP Penerbangan bisa malakukan pendaftaran online melalui Website Resmi PSPP Penerbangan.

 

 

 

 

 

 

 

Cara Pendaftaran Online Sekolah Avsec

Untuk memudahkan calon siswa-siswinya PSPP Penerbangan menyediakan fasilitas untuk pendaftaran online melalui website resmi. Guna untuk menghemat biaya transport, waktu dan sebagainya, berikut cara mendaftar online sekolah Avsec :

  1. Mengisi Formuli Pendaftaran Sekolah Avsec melalui website ini
  2. Upload foto full badan, Pas Foto & Scan surat keterangan sehat dari dokter (asli) pada menu biodata diri pada website pendaftaran online.
  3. Transfer biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000 ke No. Rekerning Resmi Kampus BANK BRI 0098-01-002137-30-3 a/n PSPP Penerbangan
  4. Konfirmasi pembayaran anda kepada panitia penerimaan peserta didik baru kampus PSPP Penerbangan Kak Diyan : 0822-2500-7272 / BBM: 26D5777F
  5. Selanjutnya akan diarahkan oleh panitia pendaftaran.

 

 

Info Lenkap Sekolah Avsec (Aviation Security)

Bagi anda yang ingin mengetahui informasi lebih lengkap tentang kegiatan seputar dunia Keamanan Penerbangan bisa menghubungi panitia penerimaan siswa baru Sekolah Avsec PSPP Penerbangan Kak Diyan : 0822-2500-7272 / BBM: 26D5777F

 

Demikian Informasi Sekolah AVSEC (Aviation Security) Berlisensi STKP Resmi di Indonesia(Link) Semoga Bermanfaat.

PendidikanPramugari

PSPP (Pendidikan Staff Penerbangan dan Pramugari) membuka pendaftaran kelas baru! Daftarkan diri anda sekarang juga! For more information : Kak Diyan 0822-2500-7272 / 0859-3500-7272 / BBM 26D5777F

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!